3 Resep Bumbu Kacang yang Bikin Nagih

Beberapa makanan khas tanah air menggunakan tambahan bumbu kacang untuk meciptakan cita rasa yang lezat. Memang, bumbu kacang termasuk jenis saus yang paling populer di Indonesia. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui beberapa resep bumbu kacang untuk hidangan yang nikmat tiada duanya.

Kumpulan Resep Bumbu Kacang untuk Hidangan Andalan

Berikut ini kami sajikan beberapa resep untuk membuat bumbu kacang yang sederhana tapi enak.

  • Bumbu Kacang Sate

Resep bumbu kacang sate madura ini cocok untuk beragam jenis sate termasuk satu kambing dan sate ayam. Untuk membuatnya, Anda harus menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu, meliputi kacang tanah (250 gram), bawang putih (10 siung), kemiri (4 butir), kecap manis (secukupnya), garam (secukupnya), gula merah (secukupnya), bawang goreng (6 sendok makan), dan minyak goreng (secukupnya). Anda juga bisa menambahkan bawang merah secukupnya yang diiris halus.

Pertama, goreng kacang tanah, bawang putih & kemiri sampai matang, lalu tiriskan minyaknya. Selanjutnya, uleg kacang tanah, kemiri, bawang putih, dan gula merah sampai halus. Lalu, masukkan bawang goreng & uleg lagi sampai halus sempurna.

Setelah itu, tuangkan air panas secukupnya ke bumbu kacang, lalu campurkan kecap manis, kemudian aduk merata. Sekarang, bumbu kacang sudah siap. Anda dapat membalurkannya rate ke sate yang masih hangat setelah dibakar. Ada juga dapat menambahkan irisan bawang merah dan cabai rawit untuk yang punya selera pedas.

  • Bumbu Kacang Siomay dan Batagor

Siomay dan batagor juga termasuk makanan yang umumnya dinikmati dengan bumbu kacang. Jadi, Anda harus tahu resep bumbu kacang yang satu ini. Anda bisa coba membuatnya sendiri di rumah.

Tentu saja, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan yaitu kacang tanah yang digoreng & dihaluskan (250gr), bawang putih yang dikupas & digoreng (3 siung), bawang merah yang dikupas & digoreng (4 butir), cabai merah keriting yang digoreng (5 buah), cabai rawit yang digoreng (3 buah), daun jeruk (3 lembar), air asam jawa (1 sendok makan), kecap manis (3 sendok makan), gula jawa (1 buah), penyedap rasa & garam (secukupnya), air (secukupnya), dan minyak goreng (secukupnya).

Untuk membuat resep bumbu kacang siomay, haluskan dulu bawang putih, bawang merah & cabai yang telah digoreng. Setelah itu, baru tumis bahan-bahan yang telah dihaluskan. Kalau sudah, masukkan gula jawa, kecap manis, air asam jawa, dan daun jeruk.

Kemudian, tambahkan air sedikit demi sedikit & minyak goreng, lalu goreng hingga matang. Kalau sudah, tambahkan penyedap rasa & garam secukupnya. Kalau sudah, angkat dan sajikan bumbu kacang tersebut untuk melengkapi batagor atau siomay.

Selain nikmat & gurih, bumbu kacang juga ternyata punya banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan. Setelah tahu resepnya, selamat mencoba resep bumbu kacang sendiri di rumah!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *