Airlangga Klaim PSN Ciptakan 11 Juta Tenaga Kerja di Tengah Pandemi

TEMPO.CO, Jakarta -Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim keberadaan proyek strategis nasional atau PSN telah terbukti meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Di tengah keadaan pandemi, PSN sudah selesai menciptakan lebih dari 11 juta tenaga kerja, baik langsung maupun tidak langsung,” kata Airlangga dalam diskusi virtual, Rabu, 15 Desember 2021.

Selain itu, kata dia, investasi pembangunan Proyek Strategis Nasional di berbagai sektor memiliki manfaat terhadap pengembangan wilayah dan perekonomian daerah, serta nilai tambah industri.

Di sisi lain, dia juga berharap penyelesaian PSN dapat menimbulkan multipliers effect atau efek bergulir secara sosial dan ekonomi yang besar.

“Akan terus bertambah seiring dengan percepatan penyelesaian berbagai proyek strategis ke depan,” ujarnya.

Dia mengatakan PSN yang tersebar di berbagai wilayah diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur secara langsung. Serta, diharapkan dapat mengurangi kesenjangan pertumbuhan pendapatan per kapita dan kesejahteraan antar daerah secara jangka panjang.

Dia juga mengatakan saat ini pandemi Covid-19 di Indonesia dapat dikendalikan, meskipun pemerintah menyadari bahwa dinamika global ke depan masih menjadi tantangan yang perlu diantisipasi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.