Khasiat Kurma: Intip Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

TEMPO.CO, Jakarta -Kurma dan ibu hamil, sering dijadikan perbincangan lantaran manfaat kurma yang bisa penuhi kebutuhan gizi ibu hamil

Ibu hamil punya banyak kebutuhan gizi penting untuk kebutuhan janin supaya selalu dalam keadaan yang sehat. Kurma sendiri sejak lama diketahui punya banyak kandungam gizi penting.

Mengutip dari publikasi laman juke.kedokteran.unila.ac.id, menyebutkan di dalam kurma ada kandungan sumber Asam amino esensial yang terkandung dalam buah kurma antara lain treonin, lisin, dan isoleusin.

Menyadur dari jurnal “Asam Amino dan Perkembangan Asal Hipertensi,” Chang Gung University College of Medicine, menyebutkan kekurangan asam amino sebanding lurus dengan risiko hipertensi.

Lebih lanjut dijelaskan lantaran asam amino berperan sebagai pertumbuhan dan perkembangan janin.

Jika kebutuhan asam amino tidak penuh berarti berisiko menghasilkan perubahan morfologis atau fungsional jangka panjang pada keturunannya, salah satunya meningkatkan risiko hipertensi (anak) di kemudian hari.

Kandungan gizi lain di kurma seperti seng, fosfor, kalsium, besi, magnesium, dan flourin seprti yang dijelaskan dalam jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, menyimpulkan bahwa kurma memiliki potensi dalam meningkatkan kadar Hb.

Artinya ibu hamil yang mengonsumsi kurma dapat terapi pendukung pemulihan kondisi anemia defisiensi besi yang sering terjadi pada ibu hamil pada trisemester pertama.

Selain itu kebutuhan kalori ibu hamil juga dapat dibantu dengan mengonsumsi kurma. Diketahui di dalam kurma buah kurma beratnya 8,3 gram memiliki asupan kalori sebanyak 23 kalori. Jumlah kalori tersebut lebih banyak 1,3-1,8 kali dibanding gula tebu dengan bobot yang sama.

Maka manfaat kurma bagi ibu hamil dapat berperan proteksi ginjal dan hepar. Kurma sebagai dari berbagai mineral dan vitamin di dalam kurma dipercaya memiliki potensi sebagai anti kanker, antiinflamasi, analgesik.

Namun kurma dan ibu hamil perlu dikonsultasikan kepada dokter kandungan jika ingin konsumsi kurma, sebab semakim tinggi maturasi kurma kandungan gulanya semakin tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.