Tips Memilih Printer Murah Terbaik, Ada Apa Saja?

Mulai dari mencetak laporan dan tugas makalah hingga mencetak foto dengan hasil yang tajam dan memuaskan, printer memfasilitasi begitu banyak aktivitas sehingga kalian harus menyimpan perangkat ini di rumah. Jadi kalian harus membuat anggaran sendiri untuk bisa membeli. Tidak semua harga printer bisa membuat kantong jebol. Ada banyak juga seri printer murah terbaik yang terjangkau namun memiliki performa yang luar biasa. Agar tidak salah pilih, yuk simak cara memilih printer murah yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

  • Pertimbangkan Kebutuhan

 Ketika kita berbicara tentang printer murah terbaik, kita tidak bisa melepaskan faktor yang diperlukan. Alasan yang harus kita akui bahwa dengan harga yang terjangkau kalian tidak bisa selalu mendapatkan semua fitur seperti  perangkat premium. Dengan kata lain, kalian perlu memutuskan spesifikasi dan fitur apa yang kalian butuhkan, bukan yang kalian inginkan. 

 

Misalnya, seorang mahasiswa yang sering diberi tugas menulis laporan semester atau laporan magang. Sebuah printer pada umumnya memiliki kemampuan yang dapat mencetak teks atau gambar hitam putih dan warna, sebenarnya sudah cukup untuk kebutuhan ini. Di sisi lain, jika kalian seorang pelajar atau profesional dan ingin mendigitalkan banyak  dokumen,  printer dengan pemindai adalah pilihan yang baik. Semakin tinggi spesifikasi dan fitur printer, semakin tinggi harganya.

  • Pilih Spesifikasi dan Fitur yang Tepat

Bahkan printer murah terbaik pun dapat mencetak dengan memuaskan, jadi jangan berkecil hati jika anggaran kalian terbatas untuk membeli printer. Syaratnya, printer yang kalian pilih memiliki spesifikasi dan fitur terbaik. Misalnya, jumlah cetakan yang dihasilkan selama periode waktu tertentu merupakan tolok ukur umur panjang. Idealnya, printer dapat mencetak hingga beberapa ratus halaman per bulan. Selain itu, kalian dapat mempertimbangkan fitur tambahan seperti nirkabel dan layar LCD. Keduanya tergolong mewah untuk kelas printer murahnya. Namun bukan berarti kalian tidak dapat menemukannya, karena beberapa jenis printer memiliki keduanya. 

  • Printer Inkjet vs. Tangki Tinta 

 Di masa lalu, sebagian besar printer menggunakan sistem  tinta inkjet, yang mengharuskan pengisian kartrid dengan tinta. Printer semacam itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah harga printer yang jauh lebih murah, sehingga cocok untuk mereka yang mencari printer murah berkualitas, ada juga kekurangannya. Jika dibiarkan kosong terlalu lama, catridge akan mengering dan akhirnya menjadi rusak. Padahal, membeli cartridge baru  tidak jauh berbeda dengan membeli printer baru.  Di sisi lain, tren saat ini adalah menggunakan tinta infus atau tangki tinta. Sistem tinta ini dinilai lebih menguntungkan karena memungkinkan tinta dipantau secara eksternal, menghindari pengisian ulang yang lambat yang menyebabkan pengeringan. 

  • Sesuaikan dengan Pengeluaran

 Poin terakhir adalah menyesuaikannya dengan situasi keuangan kalian. Bahkan jika kalian berusaha keras untuk mendapatkan printer berperforma tinggi, tidak ada gunanya jika kalian tidak mampu membelinya. Jika anggaran kalian terbatas, printer  murah terbaik adalah pilihan yang tepat. Misalnya, printer murah terbaik biasanya berkisar dari 900.000 hingga 2.000.000. kalian juga dapat membeli versi printer infus atau ink tank dengan kualitas yang lebih baik jika memiliki anggaran yang lebih besar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.